ternyata kuku bisa mendeteksi kesehatan

Kondisi kesehatan yang baik ditandai dengan kuku yang halus ato licin permukaanya,dengan warna merah muda.Sebaliknyakondisi seseorang yang kurang baik dapat dideteksi dengan kukuyang tidak licin permukaanya dan warna serta bentuk kuku pun sesuai dengan penyebabnya.
Peredaran darahtidak teratur mmenyebabkan darah tidak mengalir sebagaimana mestinya.Hal ini menyebabkan penebalan kuku yang tidak sama. Akibatnya, kuku sering rapuh sebagaimana proses penuaan usia. Kalau peredaran darah tidak teratur atau tidak sampai pada ujung kuku,sementara kuku terus tumbuh, akibatnya kerapuhan kuku sering terjadi.
Gangguan kesehatan,misalnya penyakit yang berlangsung lama, sering terjadi kuku berwarna biru. Warna kuku yang gelapsering diakibatkan adanya kekurangan vitaminB12. Warna kuku hijau sering diakibatkan oleh infeksi jamur sehingga rasa gatal menyerang daerah kuku. Warna kuku kuning juga akibatjamur sehingga kuku sering tidak licin atau pudar warnanya/luntur.Warna kuku merah sering disebabkan oleh penyakit jantung. Perubahan warna kuku berupa titik atau garis berbentuk 1/2 lingkaran dapat disebabkan oleh demam atau kondisi tubuh panas tinggi,penyakit hati,ginjal,dan kurang bekerjanya kelenjar tiroid. Warna kuku yang berubah dan tampak tidak menarik dapat disebabkan oleh zat kimia,seperti cat kuku,deterjen,atau nikotin rokok.
Jika tidak ditemukan gejala penyakit hal ini bisa jadi karena faktor keturunan saja

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.